Print ...

Kontributor...

  • Pembimbing : Desy Handayani,SST.,M.Kes, Editor: Stikes Kusuma Husada Surakarta

Download...

Path: Top > KTI Kebidanan > 2013 C

PERILAKU IBU TENTANG PEMBERIAN ASUPAN GIZI PADA BAYI DI DESA WIDORO SRAGEN WETAN SRAGEN

128/KTI/AKB/13
Undergraduate Theses from 01 / 2014-01-08 08:30:05
Oleh : ELSA YUNI HAPSARI_B10138, STIKes Kusuma Husada Surakarta
Dibuat : 2013-10-10, dengan 1 file

Keyword : perilaku, ibu, asupan gizi bayi
Subjek : asupan gizi bayi

ABSTRAK

Latar Belakang : Indikator keberhasilan pembangunan kesehatan antara lain adalah penurunan angka kematian bayi dan peningkatan status gizi masyarakat. Indonesia saat ini masih menghadapi masalah gizi ganda yaitu kondisi banyaknya jumlah penderita gizi kurang, disisi lain jumlah masyarakat yang mengalami gizi lebih cenderung meningkat. Nutrisi secara khusus penting dalam tahun pertama kehidupan bayi. Namun perlu diingat bahwa bayi harus mendapatkan zat gizi yang cukup, tidak kekurangan dan tidak berlebihan. Perilaku gizi yang belum baik yaitu masih rendahnya menyusui bayi 0 s/d 6 bulan secara eksklusif. Berdasarkan hasil studi pendahuluan terdapat 7 ibu tidak memberikan ASI eksklusif dan memberikan makanan tambahan pada usia < 6 bulan, sedangkan 3 ibu yang memberikan ASI eksklusif dan tidak memberikan makanan tambahan < 6 bulan.

Tujuan : Untuk mengetahui perilaku ibu tentang pemberian asupan gizi pada bayi.

Metode Penelitian : Jenis penelitian adalah deskriptif kuantitatif, lokasi penelitian diambil di Desa Widoro Sragen Wetan Sragen pada tanggal 10 s/d 24 Maret 2013. Jumlah responden sebanyak 35 orang, dengan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh. Alat pengumpulan data adalah angket, sedangkan untuk analisa data mengggunakan univariat.

Hasil Penelitian : Perilaku ibu tentang pemberian asupan gizi pada bayi sebanyak 16 responden (45,71%) berperilaku baik, 19 responden (54,29%) berperilaku kurang baik.

Kesimpulan : Dari penelitian didapatkan perilaku ibu di Desa Widoro Sragen mayoritas berperilaku kurang baik.

Copyrights : Copyright (c) 2001 by STIKes Kusuma Husada Surakarta. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID Publisher01
OrganisasiSTIKes Kusuma Husada Surakarta
Nama KontakSoqib Abu Hasan, A. Md
AlamatJl. Jaya Wijaya No.11
KotaSurakarta
DaerahKadipiro
NegaraIndonesia
Telepon+62-0271-857724
Fax+62-0271-857724
E-mail Administratorsoqib_ah@rocketmail.com
E-mail CKOstikkusuma@yahoo.com