Path: Top > KTI Kebidanan > 2013 B

Tingkat pengetahuan kader tentang pos pelayanan terpadu lanjut usia (posyandu lansia) di desa karangjati kalijambe sragen

069/KTI/AKB/13
Gray literature from 01 / 2013-12-27 13:55:19
Oleh : Efi Wulan Sari B10076, STIKes Kusuma Husada Surakarta
Dibuat : 2013-10-14, dengan 1 file

Keyword : Pengetahuan, kader, posyandu lansia
Subjek : posyandu lansia

Abstrak

Latar Belakang : Pos Pelayanan Terpadu Lanjut Usia (Posyandu Lansia) atau kelompok usia lanjut adalah merupakan suatu bentuk pelayanan kesehatan bersumber daya masyarakat atau / UKBM yang dibentuk oleh masyarakat berdasarkan inisiatif dan kebutuhan itu sendiri khususnya pada penduduk usia lanjut. Pengetahuan sangat penting dalam memberikan pengaruh terhadap sikap dan tingkah laku kader terhadap Posyandu. Oleh karena itu, pengetahuan tentang posyandu sangat diperlukan oleh seorang kader.

Tujuan : Untuk mengetahui tingkat pengetahuan kader tentang posyandu lansia di Desa Karangjati Kalijambe Sragen Tahun 2013.

Metode Penelitian : Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dilaksanakan di Desa Karangjati Kalijambe Sragen pada bulan Januari 2013. Sampel yang diambil kader posyandu lansia sebanyak 30 responden dengan teknik sampling jenuh. Alat yang digunakan dalam pengumpulan data ini adalah kuesioner. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis univariat.

Hasil Penelitian : Tingkat pengetahuan kader tentang Posyandu Lansia di Desa Karangjati Kalijambe Sragen 3 responden (10%) mempunyai pengetahuan baik, 22 responden (73,3%) mempunyai pengetahuan cukup dan 5 responden (16,7%) mempunyai pengetahuan kurang.

Kesimpulan : Tingkat pengetahuan kader tentang Posyandu Lansia di Desa Karangjati Kalijambe Sragen menunjukkan terbanyak pada kategori cukup yaitu sebanyak 22 responden (73,3%).

Copyrights : Copyright (c) 2001 by STIKes Kusuma Husada Surakarta. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID Publisher01
OrganisasiSTIKes Kusuma Husada Surakarta
Nama KontakSoqib Abu Hasan, A. Md
AlamatJl. Jaya Wijaya No.11
KotaSurakarta
DaerahKadipiro
NegaraIndonesia
Telepon+62-0271-857724
Fax+62-0271-857724
E-mail Administratorsoqib_ah@rocketmail.com
E-mail CKOstikkusuma@yahoo.com

Print ...

Kontributor...

  • Pembimbing : Wijayanti, SST, Editor: Stikes Kusuma Husada Surakarta

Download...