Print ...

Kontributor...

  • Pembimbing : Rahajeng Putri Ningrum,SST.,M.Kes, Editor: Stikes Kusuma Husada Surakarta

Download...

Path: Top > KTI Kebidanan > 2013 C

TINGKAT PENGETAHUAN IBU HAMIL TRIMESTER III TENTANG ADAPTASI PSIKOLOGI MASA NIFAS DI RB MARGA WALUYA SURAKARTA TAHUN 2013

122/KTI/AKB/13
Gray literature from 01 / 2014-01-07 08:11:46
Oleh : DINA NUR ARISNAWATI_B 10.131, STIKes Kusuma Husada Surakarta
Dibuat : 2013-10-05, dengan 1 file

Keyword : Pengetahuan, ibu hamil trimester III, Adaptasi Psikologi Masa Nifas
Subjek : Adaptasi Psikologi Masa Nifas

ABSTRAK

Latar Belakang: Survey yang dilakukan di RB Marga Waluya didapatkan hasil 6 s/d 7 ibu mengalami baby blues setelah persalinan dari rata rata 13 persalinan per bulan. Berdasarkan hasil wawancara terhadap 10 ibu hamil di RB Marga Waluya Surakarta tentang adaptasi psikologi masa nifas, didapatkan 7 ibu belum tahu tentang adaptasi psikologi masa nifas, 3 ibu sudah tahu tentang adaptasi psikologi masa nifas. Masa nifas (peurperium) adalah masa yang dimulai setelah plasenta keluar dan alat alat kandungan kembali seperti keadaan semula (sebelum hamil). Angka kejadian depresi postpartum di Indonesian sendiri juga belum dapat diketahui secara pasti hingga kini, mengingat belum adanya lembaga terkait yang melakukan penelitian terhadap kasus tersebut. Hampir 50 s/d 70% dari seluruh wanita paska melahirkan akan mengalami baby blues atau post natal syndrom yang terjadi pada hari 4 s/d 10 paska persalinan. Banyak ibu yang mengalami distres yang tidak seharusnya dan kecemasan hanya karena mereka tidak mengantisipasi atau tidak mengetahui pergolakan psikologi normal, perubahan emosi, dan penyesuaian yang merupakan bagian integral proses kehamilan, persalinan, dan pascanatal.

Tujuan Penelitian: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat pengetahuan ibu hamil trimester III tentang adaptasi psikologi masa nifas di RB Marga Waluya Surakarta dalam tingkat baik, cukup, dan kurang.

Metode Penelitian: Jenis penelitian ini deskriptif kuantitatif. Penelitian ini dilakukan RB Marga Waluya Surakarta pada bulan maret s/d april 2013. Populasi dalam penelitian ini adalah ibu hamil trimester III yang berjumlah 32 responden. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampling jenuh. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner tertutup yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya, teknik analisis data dengan analisis univariat.

Hasil Penelitian: Berdasarkan hasil penelitian diperoleh tingkat pengetahuan ibu hamil trimester III yang mempunyai pengetahuan baik yaitu 3 responden (9,4%), yang berpengetahuan cukup 24 responden (75%) dan yang berpengetahuan kurang 5 responden ( 15,6%).

Kesimpulan : Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar ibu hamil trimester III di RB Marga Waluya SURakarta berpengetahuan cukup yaitu 24 responden (75%).

Copyrights : Copyright (c) 2001 by STIKes Kusuma Husada Surakarta. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID Publisher01
OrganisasiSTIKes Kusuma Husada Surakarta
Nama KontakSoqib Abu Hasan, A. Md
AlamatJl. Jaya Wijaya No.11
KotaSurakarta
DaerahKadipiro
NegaraIndonesia
Telepon+62-0271-857724
Fax+62-0271-857724
E-mail Administratorsoqib_ah@rocketmail.com
E-mail CKOstikkusuma@yahoo.com