Path: Top > KTI Kebidanan > 2016 C

ASUHAN KEBIDANAN KELUARGA BERENCANA AKSEPTOR KB SUNTIK 3 BULAN PADA NY.R UMUR 36 TAHUN P3A0 DENGAN HIPERTENSI DI KLINIK PRATAMA RAWAT INAP AN-NUUR KARANGANYAR

Undergraduate Theses from 01 / 2017-05-23 04:39:51
Oleh : Dian Krisnanty NIM.B13.103, STIKes Kusuma Husada Surakarta
Dibuat : 2017-05-23, dengan 1 file

Keyword : Asuhan Kebidanan Akseptor KB Suntik 3 Bulan, Hipertensi

ABSTRAK

Latar Belakang : Suntik jenis Depo Medroxy Progesteron Asetat (DMPA), mengandung 150 mg DMPA diberikan setiap 3 bulan dengan cara disuntik intramuskuler (di daerah bokong). Efek samping dari pemakaian KB suntik DMPA juga dapat menimbulkan tekanan darah tinggi (hipertensi). Jika tidak segera tertangani dapat memicu terjadi stroke, serangan jantung, gagal ginjal dan gagal jantung.

Tujuan : Tujuan umum penelitian ini adalah melaksanakan asuhan kebidanan dengan menggunakan pendekatan proses manajemen kebidanan 7 langkah Varney. Sedangkan tujuan khususnya mampu menganalisa kesenjangan antara teori dan kasus nyata di lapangan termasuk faktor pendukung dan penghambat dan mampu memberikan alternative pemecahan pemeriksaan.

Metode penelitian : jenis laporan studi kasus adalah deskriptif. Lokasi dan waktu penelitian di Klinik Pratama Rawat Inap An-Nuur Karanganyar. Subyek studi kasus Ny.R akseptor KB suntik 3 bulan, pada bulan Desember 2015-Mei 2016.Tehnik pengambilan data antara lain data primer, meliputi pemeriksaan fisik, wawancara, serta observasi dan data sekunder meliputi studi dokumentasi dan studi kepustakaan.

Hasil Pemeriksaan : Ny.R umur 36 tahun P3A0 akseptor KB suntik 3 bulan dengan hipertensi. Terapi obat kaptopril 12,5mg dan Ibu profen 400 mg selama 3 hari. Keadaan umum baik, tidak ada kecemasan, KIE tentang penyebab hipertensi, ibu diharapkan mengurangi makanan yang asin, menciptakan suasana yang rileks dan menganjurkan ibu untuk olahraga.

Kesimpulan : setelah dilakukan pemeriksaan tindakan dilakukan evaluasi hasil asuhan kebidanan selama 3 hari diperoleh hasil akhir keadaan umum baik, tidak ada kecemasan, ibu mengerti bahwa tekanan darah tingginya sebagai efek samping KB suntik 3 bulan. Pada kasus ini terdapat kesenjangan pada pemberian terapi.


Kata Kunci : Asuhan Kebidanan Akseptor KB Suntik 3 Bulan, Hipertensi.

Kepustakaan : 32 literatur (tahun 2005 sampai 2015)

Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID Publisher01
OrganisasiSTIKes Kusuma Husada Surakarta
Nama KontakSoqib Abu Hasan, A. Md
AlamatJl. Jaya Wijaya No.11
KotaSurakarta
DaerahKadipiro
NegaraIndonesia
Telepon+62-0271-857724
Fax+62-0271-857724
E-mail Administratorsoqib_ah@rocketmail.com
E-mail CKOstikkusuma@yahoo.com

Print ...

Kontributor...

  • Ika Budi Wijayanti, SST., M.Sc, Editor: Stikes Kusuma Husada Surakarta

Download...