Path: Top > Skripsi Keperawatan > 2014

Kualitas hidup pada penderita gagal ginjal kronik yang menjalani terapi hemodialisis di RSUD dr. Soediran Mangun Sumarso Kabupaten Wonogiri

010/Skripsi/SKP/14
Gray literature from 01 / 2014-09-26 10:31:01
Oleh : Dewi Putri Mardyaningsih S10011, STIKes Kusuma Husada Surakarta
Dibuat : 2014-09-26, dengan 1 file

Keyword : Gagal Ginjal Kronik, Kualitas Hidup, Hemodialisis
Subjek : Hemodialisis

Abstrak

Penyakit ginjal mencakup berbagai penyakit dan gangguan yang mempengaruhi ginjal. Jika penyakit ginjal tidak segera diobati dan ditangani maka akan terjadi gagal ginjal. Gagal ginjal akan mengakibatkan terganggunya kualitas hidup penderita. Hemodialisis merupakan tindakan pengganti fungsi ginjal untuk mengeluarkan sisa metabolisme.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas hidup penderita gagal ginjal kronik yang menjalani terapi hemodialisis di RSUD dr. Soediran Mangun Sumarso Kabupaten Wonogiri. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologis. Data diperoleh dari wawancara mendalam terhadap 5 partisipan yang menjalani terapi hemodialisis satu tahun terakhir. Data dianalisa menggunakan metode Colaizzi. Kemudian data dianalisa dan didapatkan kata kunci, makna makna dan tema tema. Hasil penelitian didapatkan beberapa tema. (1) Tema dimensi fisik : (a) kelemahan fisik; (b) sesak nafas; (c) BAK tidak lampias; (d) kulit hitam; (e) kualitas tidur dan (f) perubahan pola nutrisi. (2) Tema dimensi psikologis : (a) perasaan positif dan (b) perasaan negatif. (3)Tema dimensi hubungan sosial : (a) kurang bersosialisasi; (b) disfungsi seksual dan (c) butuh dukungan. (4) Tema dimensi lingkungan : (a) perubahan status ekonomi; (b) butuh informasi dan (c) puas dengan akses kesehatan dan transportasi.

Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan informasi bagi pihak rumah sakit khususnya pelayanan hemodialisis untuk lebih meningkatkan asuhan keperawatan yang menyeluruh terhadap penderita gagal ginjal.

Kata Kunci : Gagal Ginjal Kronik, Kualitas Hidup, Hemodialisis

Daftar Pustaka : 42 (2001 s/d 2013)

Copyrights : Copyright (c) 2001 by STIKes Kusuma Husada Surakarta. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID Publisher01
OrganisasiSTIKes Kusuma Husada Surakarta
Nama KontakSoqib Abu Hasan, A. Md
AlamatJl. Jaya Wijaya No.11
KotaSurakarta
DaerahKadipiro
NegaraIndonesia
Telepon+62-0271-857724
Fax+62-0271-857724
E-mail Administratorsoqib_ah@rocketmail.com
E-mail CKOstikkusuma@yahoo.com

Print ...

Kontributor...

  • Pembimbing : Wahyu Rima Agustin, S. Kep., Ns., M. Kep.; Ariyani, S. Kep., Ns., M. Kes.
    , Editor: Stikes Kusuma Husada Surakarta

Download...