Path: Top > KTI Kebidanan > 2013 C

TINGKAT PENGETAHUAN IBU HAMIL TENTANG MANFAAT ASI DI BPS WAHYU PENGKOL TANON I SRAGEN TAHUN 2013

120/KTI/AKB/13
Gray literature from 01 / 2014-01-06 14:58:53
By : DESTIA KARTIKASARI_B10.129, STIKes Kusuma Husada Surakarta
Created : 2013-10-07, with 1 files

Keyword : Pengetahuan, Kehamilan, Manfaat ASI
Subject : Manfaat ASI

ABSTRAK

Latar Belakang : Selain sudah terbukti bersih, ASI mengandung zat anti infeksi dan tentunya bebas dari kontaminasi. ASI mengandung zat kekebalan karena terdapat vitamin C dan zat anti peradangan sehingga dapat mencegah bayi mengalami infeksi, baik disebabkan oleh jamur, virus, bakteri atau parasit. Fenomena kurangnya pemberian ASI eksklusif disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya pengetahuan ibu yang kurang memadai tentang ASI eksklusif, beredarnya mitos pemberian ASI yang kurang baik misalnya menyusui akan mengurangi keindahan payudara, serta kesibukan ibu bekerja dan singkatnya cuti melahirkan. Berdasarkan studi pendahuluan yang penulis lakukan di BPS Wahyu dengan melakukan wawancara terhadap 10 ibu hamil tentang manfaat ASI hanya 3 ibu hamil yang mengetahui tentang manfaat pemberian ASI, sedangkan 7 ibu hamil belum mengetahui tentang manfaat ASI

Tujuan : Untuk mengetahui tingkat pengetahuan ibu hamil tentang manfaat ASI di BPS Wahyu Pengkol Tanon I Sragen pada tingkat baik, cukup dan kurang.

Metode Penelitian : Jenis penelitian deskriptif kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di BPS Wahyu Pengkol Tanon I Sragen pada bulan April 2013. Populasi dalam peneitian ini sebanyak 35 ibu hamil. Sampel dalam penelitian ini yaitu sejumlah 35 responden. Pengambilan sampel yaitu dengan accsidental sampling. Instrumen penelitian ini adalah kuesioner menggunakan variabel tunggal yaitu pengetahuan ibu hamil tentang manfaat ASI. Analisa data menggunakan analisis univariat yang menghasilkan distribusi frekuensi.

Hasil Penelitian : Tingkat Pengetahuan Ibu Hamil tentang manfaat ASI di BPS Wahyu Pengkol Tanon I Sragen tingkat pengetahuan baik sebanyak 4 responden (11,5%), tingkat pengetahuan cukup sebanyak 20 responden (57,1%) dan tingkat pengetahuan kurang sebanyak 11 responden (31,4%).

Kesimpulan : Tingkat Pengetahuan Ibu Hamil tentang manfaat ASI di BPS Wahyu Pengkol Tanon I Sragen tingkat pengetahuan cukup sebanyak 19 responden (57,1%)

Copyrights : Copyright (c) 2001 by STIKes Kusuma Husada Surakarta. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Give Comment ?#(0) | Bookmark

PropertyValue
Publisher ID01
OrganizationSTIKes Kusuma Husada Surakarta
Contact NameSoqib Abu Hasan, A. Md
AddressJl. Jaya Wijaya No.11
CitySurakarta
RegionKadipiro
CountryIndonesia
Phone+62-0271-857724
Fax+62-0271-857724
Administrator E-mailsoqib_ah@rocketmail.com
CKO E-mailstikkusuma@yahoo.com

Print ...

Contributor...

  • Pembimbing : Arista Apriani,SST, Editor: Stikes Kusuma Husada Surakarta

Downnload...