Path: Top > KTI Kebidanan > 2014 B

Tingkat pengetahuan ibu hamil trimester III tentang bounding attachment di BPS Fatmawati Trobayan, Kalijambe, Sragen

116/KTI/AKB/14
Gray literature from 01 / 2015-01-26 11:35:09
Oleh : Desi Megawati B10069, STIKes Kusuma Husada Surakarta
Dibuat : 2015-01-26, dengan 1 file

Keyword : Pengetahuan, hamil, bounding attachment
Subjek : bounding attachment

ABSTRAK

Latar Belakang : Proses adaptasi psikologis pada seorang ibu sudah dimulai sejak dia hamil. Kehamilan dan persalinan merupakan peristiwa yang normal terjadi dalam kehidupan, tetapi demikian banyak ibu mengalami stres yang seharusnya dan kecemasan hanya karena mereka tidak mengantisipasi atau tidak mengetahui pergolakan psikologis normal. Masa nifas terjadi perubahan-perubahan fisik maupun psikis berupa organ reproduksi, terjadinya proses laktasi, terbentuknya hubungan antara orang tua dan bayi dengan memberi dukungan. Studi pendahuluan di BPS Fatmawati Trobayan, Kalijambe, Sragen pada tanggal 13 – 14 November 2013 terhadap 9 ibu hamil setelah diwawancara tentang Bounding Attachment 6 ibu hamil belum mengetahui tentang Bounding Attachment sedangkan 3 ibu hamil sudah mengetahui tentang Bounding Attachment.

Tujuan : Mengetahui tingkat pengetahuan ibu hamil trimester III tentang Bounding Attachment di BPS Fatmawati Trobayan, Kalijambe, Sragen tahun 2014.pada tingkat baik, cukup dan kurang.

Metode Penelitian : Desain penelitian ini menggunakan rancangan deskriptif kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di BPS Fatmawati Trobayan Kalijambe, sragen. Sampel dalam penelitian ini adalah 36 ibu hamil, pengambilan sampel yaitu dengan teknik total sampling. Instrumen penelitian ini adalah kuesioner. Cara pengumpulan data berasal dari data primer dan Data Sekunder. Variabel tunggal yaitu tingkat pengetahuan ibu hamil trimester III tentang bounding attachment. Analisa menggunakan analisa univariat.

Hasil Penelitian : Tingkat pengetahuan ibu hamil trimester III tentang bounding attachment di BPS Fatmawati Trobayan, Kalijambe, Sragen tahun 2014 dapat dikategorikan pengetahuan baik sebanyak 2 responden (5,6%), pengetahuan cukup sebanyak 27 responden (75,0%) dan pengetahuan kurang sebanyak 7 responden (19,4%)

Kesimpulan : Tingkat pengetahuan ibu hamil trimester III tentang bounding attachment di BPS Fatmawati Trobayan, Kalijambe, Sragen tahun 2014 mayoritas tingkat pengetahuan cukup

Kata Kunci : Pengetahuan, hamil, bounding attachment

Kepustakaan : 23 literatur (tahun 2005 – 2012)

Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID Publisher01
OrganisasiSTIKes Kusuma Husada Surakarta
Nama KontakSoqib Abu Hasan, A. Md
AlamatJl. Jaya Wijaya No.11
KotaSurakarta
DaerahKadipiro
NegaraIndonesia
Telepon+62-0271-857724
Fax+62-0271-857724
E-mail Administratorsoqib_ah@rocketmail.com
E-mail CKOstikkusuma@yahoo.com

Print ...

Kontributor...

  • Pembimbing : Retno Wulandari, SST
    , Editor: Stikes Kusuma Husada Surakarta

Download...