Path: Top > Skripsi Keperawatan > 2014

Pengalaman interaksi sosial pada anak penderita leukemia yang menjalani kemoterapi di RSUD Dr. Moewardi Surakarta

08/Skripsi/SKP/14
Gray literature from 01 / 2014-09-25 10:11:40
Oleh : Debby Septiana Pertiwi S10008, STIKes Kusuma Husada Surakarta
Dibuat : 2014-09-25, dengan 1 file

Keyword : Interaksi sosial, Leukemia, Kemoterapi, anak usia sekolah
Subjek : Interaksi sosial

Abstrak

Semakin meningkatnya angka kejadian leukemia pada anak usia 6 s/d 12 tahun, membuat anak harus menjalani beragam terapi untuk proses kesembuhan. Proses kemoterapi sebagai terapi yang dijalani memiliki banyak dampak pada interaksi sosial anak, karena waktu untuk bermain akan digantikan dengan terapi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana interaksi sosial yang terjadi pada anak yang menjalani kemoterapi.

Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan desain fenomenologi. Partisipan penelitian ini terdiri dari 4 partisipan anak yang menderita leukemia dan menjalani kemoterapi di RSUD Dr. Moewardi Surakarta. Penelitian berlangsung dari tangal 1 April s/d 30 April 2014. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini ialah wawancara mendalam dan observasi. Analisis data yang digunakan ialah analisis interaktif.

Temuan hasil penelitian ini antara lain : respon terhadap penyakit leukemia dan terapi yang dijalani digambarkan dengan kanker darah dan kemoterapi sebagai disuntik, dampak fisiologis yang dialami ialah mual, rontok, lemas, moon face dan ulserasi mukosa, dampak psikologis pada anak gangguan konsep diri, penurunan rasa aman dan nyaman, proses berduka. Terganggunya hubungan dengan teman sebaya membuat anak lebih senang bermain sendiri. Simpulan dari penelitian ialah 3 partisipan menunjukkan adanya kesulitan dalam berinteraksi dengan lingkungan dan kontak sosial serta komunikasi baru terjalin setelah hari pertama dikarenakan efek kemoterapi yang membuat mereka merasa berbeda.

Kata Kunci : Interaksi sosial, Leukemia, Kemoterapi, anak usia sekolah.

Daftar pustaka : 26 (2003 s/d 2013)

Copyrights : Copyright (c) 2001 by STIKes Kusuma Husada Surakarta. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID Publisher01
OrganisasiSTIKes Kusuma Husada Surakarta
Nama KontakSoqib Abu Hasan, A. Md
AlamatJl. Jaya Wijaya No.11
KotaSurakarta
DaerahKadipiro
NegaraIndonesia
Telepon+62-0271-857724
Fax+62-0271-857724
E-mail Administratorsoqib_ah@rocketmail.com
E-mail CKOstikkusuma@yahoo.com

Print ...

Kontributor...

  • Pembimbing : Happy Indri Hapsari, S. Kep., Ns., M. Kep.; Yuana Dwi Anggraini, S. Kep., Ns.
    , Editor: Stikes Kusuma Husada Surakarta

Download...