Print ...

Kontributor...

  • Pembimbing : Hutari Puji A, S.SiT, M.Kes, Editor: Stikes Kusuma Husada Surakarta

Download...

Path: Top > KTI Kebidanan > 2013 B

Tingkat pengetahuan ibu hamil tentang pentingnya asam folat bagi kehamilan di BPM Sang Timur Klaten

061/KTI/AKB/13
Gray literature from 01 / 2013-12-24 14:06:26
Oleh : Ayu Pratika Cahyanadia B10066, STIKes Kusuma Husada Surakarta
Dibuat : 2013-10-14, dengan 1 file

Keyword : Pengetahuan, Ibu Hamil, Asam folat
Subjek : Asam folat

Abstrak

Latar Belakang : Secara garis besar jumlah angka kematian bayi di Indonesia masih relatif tinggi. Kematian bayi masih belum diidentifikasikan penyebabnya karena belum adanya data. Salah satu penyebabnya kematian adalah kekurangan asam folat. Hal ini sangat penting khususnya bagi ibu hamil untuk mengetahui pentingnya asam folat bagi kehamilan. Sebuah kampanye yang diselenggarakan oleh Departemen Of Health pada bulan November 1995 merekomendasikan agar semua bidan harus menyarankan wanita hamil untuk mengkonsumsi asam folat.

Tujuan : Mengetahui tingkat pengetahuan ibu hamil tentang pentingnya asam folat bagi kehamilan di BPM Sang Timur Klaten tahun 2013 pada tingkat pengetahuan baik, tingkat pengetahuan cukup dan tingkat pengetahuan kurang.

Metode Penelitian : Jenis penelitian ini menggunakan deskriptif kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di BPM Sang Timur Klaten pada bulan Maret s/d Juni 2013. Populasi dalam penelitian sebanyak 118 responden dan Sampel dalam penelitian ini adalah 40 responden menggunakan teknik accidental sampling. Instrumen penelitian ini adalah kuesioner dan penelitian ini hanya menggunakan variabel tunggal yaitu Pengetahuan Ibu Hamil tentang Pentingnya Asam Folat bagi Kehamilan. Analisa menggunakan analisa univariat.

Hasil Penelitian : Hasil penelitian menunjukkan tingkat pengetahuan ibu hamil tentang pentingnya asam folat bagi kehamilan di BPM Sang Timur Klaten tahun 2013 terdapat 7 responden (17,5%) dengan tingkat pengetahuan baik, tingkat pengetahuan cukup sebanyak 24 responden (60%) dan tingkat pengetahuan kurang sebanyak 9 responden (22,5%).

Kesimpulan : Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat pengetahuan ibu hamil tentang pentingnya asam folat bagi kehamilan di BPM Sang Timur Klaten tahun 2013 terbanyak pada kategori cukup yaitu sebanyak 24 responden (60%).

Copyrights : Copyright (c) 2001 by STIKes Kusuma Husada Surakarta. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID Publisher01
OrganisasiSTIKes Kusuma Husada Surakarta
Nama KontakSoqib Abu Hasan, A. Md
AlamatJl. Jaya Wijaya No.11
KotaSurakarta
DaerahKadipiro
NegaraIndonesia
Telepon+62-0271-857724
Fax+62-0271-857724
E-mail Administratorsoqib_ah@rocketmail.com
E-mail CKOstikkusuma@yahoo.com