Path: Top > KTI Kebidanan > 2013 C

Asuhan kebidanan ibu hamil TM III pada Ny. S G1P0A0 dengan hipertensi dalam kehamilan di RSUD Kabupaten Sukoharjo

116/KTI/AKB/13
Gray literature from 01 / 2014-01-06 08:41:52
Oleh : Astri Marantika Melati B10125, STIKes Kusuma Husada Surakarta
Dibuat : 2013-11-23, dengan 1 file

Keyword : Asuhan Kebidanan, kehamilan, Hipertensi dalam Kehamilan
Subjek : Hipertensi dalam Kehamilan

Abstrak

Latar Belakang : Kejadian hipertensi dalam kehamilan bervariasi mulai dari berbagai daerah keadaan masyarakat khususnya tentang diet dan kesehatan umumnya. Secara Internasional kejadian hipertensi dapat dipekirakan sebagai berikut primigravida sebesar 7 s/d 12%, kehamilan multigravida 5 s/d 8%. Di Indonesia perkiraan kejadian hipertensi dalam kehamilan sekitar 6 s/d 12% serta sangat bervariasi dari masing masing daerahnya.

Tujuan : Melaksanakan dalam memberikan asuhan kebidanan pada ibu hamil trimester III dengan hipertensi dengan menggunakan pendekatan manajemen kebidanan 7 langkah Varney.

Metode : Jenis studi kasus yang digunakan menggunakan metode diskriptif, lokasi studi kasus di RSUD kabupaten Sukoharjo, subjek studi kasus yaitu ibu hamil ny. S dengan hipertensi, waktu studi kasus yaitu pada tanggal 5 s/d 11 maret 2013, teknik pengumpulan data menggunakan data primer yang meliputi pemeriksaan fisik, wawancara, dan observasi sedangkan data sekunder meliputi studi kepustakaan dan studi dokumentasi.

Hasil : Setelah dilakukan asuhan selama 3 hari didapatkan hasil KU ibu baik, kesadaran : composmentis, TD : 130/80 mmHg, S : 36,6 derajat C, N : 88 x/menit, R : 22x/menit, ibu telah mengerti tentang hasil pemeriksaan kehamilannya, ibu bersedia untuk tetap melakukan anjuran bidan walaupun kondisi ibu sudah membaik, obat telah diberikan dan ibu bersedian untuk minum sesuai aturan, ibu bersedia kontrol ulang 1 minggu lagi tau jika ada keluhan.

Kesimpulan : Penulis mampu memberikan alternatif pemecahan masalah berupa asuhan yang harus diberikan pada ibu hamil dengan hipertensi dengan menggunkan menejemen kebidanan 7 langkah varney mulai dari pengkajian sampai evaluasi sehingga komplikasi pada ibu hamil dengan hipertensi tidak terjadi.

Copyrights : Copyright (c) 2001 by STIKes Kusuma Husada Surakarta. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID Publisher01
OrganisasiSTIKes Kusuma Husada Surakarta
Nama KontakSoqib Abu Hasan, A. Md
AlamatJl. Jaya Wijaya No.11
KotaSurakarta
DaerahKadipiro
NegaraIndonesia
Telepon+62-0271-857724
Fax+62-0271-857724
E-mail Administratorsoqib_ah@rocketmail.com
E-mail CKOstikkusuma@yahoo.com

Print ...

Kontributor...

  • Pembimbing : Ernawati, SST, Editor: Stikes Kusuma Husada Surakarta

Download...