Path: Top > Artikel Jurnal Skripsi Keperawatan > ST16 TAHUN 2018

PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN DAN SIKAP DETEKSI DINI FIBROADENOMA MAMAE (FAM) PADA REMAJA PUTRI DI KARANG TARUNA DESA MAYANG

Undergraduate Theses from 01 / 2018-08-01 10:00:08
Oleh : Apresia Murtati NIM ST162011, Eldersc0de
Dibuat : 2018-08-01, dengan 1 file

Keyword : Pendidikan kesehatan, Audio Visual, Tingkat Pengetahuan dan sikap,FAM (Fibroadenoma Mammae)

ABSTRAK


Fibroadenoma adalah benjolan padat yang kecil dan jinak pada payudara. Fibroadenoma terdiri dari jaringan kelenjar dan fibrosa. Biasanya, benjolan ini ditemukan pada wanita muda, dan sering kali ditemukan pada remaja putri Penyakit Fibroadenoma adalah penyakit wanita muda dengan frekuensi yang paling tinggi pada wanita yang berumur 15-25 tahun. Salah satu cara untuk mendeteksi terjadinya fibroadenoma Mammae (FAM) dengan cara mengunakan SADARI. SADARI adalah pemeriksaan yang mudah dilakukan oleh setiap wanita untuk mencari benjolan atau kelainannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendidikan kesehatan dengan media audio visual terhadap tingkat pengetahuan dan sikap deteksi dini fibroadenoma mammae (FAM).

Penelitian ini menggunakan quasi eksperimen dengan one grup pretest posttest tanpa kelompok kontrol. Dengan total sampling yaitu pada 35 remaja dari umur 15-25 tahun, variable yang diamati : pendidikan kesehatan dengan media audio visual, tingkat pengetahuan dan sikap deteksi dini fibroadenoma mammae (FAM). Analisis data menggunakan uji wilcoxon.

Hasil penelitin menunjukkan bahwa terdapat perubahan tingkat pengetahuan dan sikap pada remaja putri dengan hasil tingkat pengetahuan P = 0,003 dan sikap dengan hasil P = 0,001, sehingga ada perbedaan yang signifikan pengaruh pendidikan kesehatan dengan media audio visual terhadap tingkat pengetahuan dan sikap deteksi dini fibroadenoma mammae (FAM) pada remaja putri di Karang Taruna Desa Mayang.

Kesimpulan bahwa dengan adanya pendidikan kesehatan dengan media audio visual akan mempengaruhi pengetahuan dan sikap responden.


Kata kunci: Pendidikan kesehatan, Audio Visual, Tingkat Pengetahuan dan sikap, FAM (Fibroadenoma Mammae)

Daftar Pustaka : 24 (2009-2017)

Deskripsi Alternatif :

ABSTRACT


Fibroadenoma is a small, benign dense lump on the breast. Fibroadenoma consists of glandular and fibrous tissue. Usually, this lump is found in young women and often found in young women. Fibroadenoma is a disease of young woman with the highest frequency in women aged 15-25 years. One way to detect the occurrence of fibroadenomamammae (FAM) is by using SADARI. SADARI is an easy check by any woman to look for a lump or disorder. This study aims to determine the effect of health education with audio visual media to knowledge and attitude for early detection of fibroadenomamammae (FAM).

This study used quasi experiment with one group pretest-posttest without control group. It is done with a total sampling for 35 young women between 15-25 years old. The observed variables were health education with audio-visual media, knowledge level and early detection behavior of fibroadenoma mammae (FAM). Data analysis used was Wilcoxon test.

The result of the research showed that there was a change of knowledge and attitude in young woman with the result of knowledge level P = 0,003 and attitude P = 0,001, therefore there is significant difference of health education influence with audio visual media to knowledge level and early detection attitude of fibroadenoma mammae (FAM) to young women in Karang Taruna Mayang village.

It can be concluded that health education with audio visual media will affect the knowledge and attitude of the respondent.


Keywords: Health education, Audio Visual, Level of Knowledge and attitude, FAM (FibroadenomaMammae)

References: 24 (2009-2017)


Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID Publisher01
OrganisasiEldersc0de
Nama KontakSoqib Abu Hasan, A. Md
AlamatJl. Jaya Wijaya No.11
KotaSurakarta
DaerahKadipiro
NegaraIndonesia
Telepon+62-0271-857724
Fax+62-0271-857724
E-mail Administratorsoqib_ah@rocketmail.com
E-mail CKOstikkusuma@yahoo.com

Print ...

Kontributor...

  • Ns. Wahyu Rima Agustin, M.Kep

    Wahyu Dwi Agussafutri, S.ST., M.Ph
    , Editor: Stikes Kusuma Husada Surakarta

Download...