Path: Top > KTI Kebidanan > 2013 C

TINGKAT PENGETAHUAN IBU TENTANG PENYAKIT DIARE PADA BALITA DI DESA NGLEBAK TAWANGMANGU KARANGANYAR

170/KTI/AKB/13
Gray literature from 01 / 2014-01-09 13:18:02
Oleh : ANIK PURWANTI_B10.183, STIKes Kusuma Husada Surakarta
Dibuat : 2013-10-12, dengan 1 file

Keyword : Pengetahuan, ibu, penyakit diare
Subjek : penyakit diare

ABSTRAK

Latar Belakang : Angka kematian bayi atau Infant Mortality Rate (IMR) di Indonesia pada tahun 2008 masih cukup tinggi, yaitu 31,04/1000 kelahiran hidup Masalah tersebut terutama dalam periode neonatal dan dampak penyakit menular, terutama pneumonia, malaria dan diare ditambah dengan masalah gizi yang dapat mengakibatkan lebih dari 80% kematian anak. Diare merupakan suatu keadaan pengeluaran tinja yang tidak normal atau tidak seperti biasanya. Berdasarkan studi pendahuluan setelah dilakukan wawancara tentang penyakit diare pada bayi yang dilakukan terhadap 10 orang ibu yang mempunyai balita didapatkan 7 orang sudah mengetahui pengertian tetapi kurang mengetahui penyebab diare dan penanganannya serta 3 orang ibu sudah mengetahui pengertian, penyebab dan cara penanganan penyakit diare pada bayi.

Tujuan : Untuk mengetahui tingkat pengetahuan ibu tentang diare pada balita di Desa Nglebak Tawangmangu Karanganyar pada tingkat baik, cukup dan kurang.

Metode Penelitian : Desain penelitian ini menggunakan rancangan deskriptif kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di Desa Nglebak Tawangmangu Karanganyar pada tanggal 16 s/d 21 Juni 20l3. Sampel dalam penelitian ini adalah 36 ibu, pengambilan sampel dengan sampling jenuh. Instrumen penelitian ini adalah kuesioner. Cara pengumpulan data berasal dari data primer dan Data Sekunder. Variabel tunggal yaitu tingkat pengatahuan ibu tentang penyakit diare pada balita. Analisa menggunakan analisa univariat.

Hasil Penelitian : Tingkat pengetahuan ibu tentang penyakit diare pada bayi di Desa Nglebak Tawangmangu Karanganyar tingkat pengetahuan baik sebanyak 3 responden (8,3%), pengetahuan cukup sebanyak 25 responden (69,4%) dan pengetahuan kurang sebanyak 8 responden (22,3%)

Kesimpulan : Tingkat pengetahuan ibu tentang penyakit diare pada bayi di Desa Nglebak Tawangmangu Karanganyar tingkat pengetahuan cukup.

Copyrights : Copyright (c) 2001 by STIKes Kusuma Husada Surakarta. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID Publisher01
OrganisasiSTIKes Kusuma Husada Surakarta
Nama KontakSoqib Abu Hasan, A. Md
AlamatJl. Jaya Wijaya No.11
KotaSurakarta
DaerahKadipiro
NegaraIndonesia
Telepon+62-0271-857724
Fax+62-0271-857724
E-mail Administratorsoqib_ah@rocketmail.com
E-mail CKOstikkusuma@yahoo.com

Print ...

Kontributor...

  • Pembimbing : Desy Handayani,SST.,M.Kes, Editor: Stikes Kusuma Husada Surakarta

Download...