Path: Top > KTI Kebidanan > 2012 B

Asuhan Kebidanan pada Ibu Hamil Ny. S G2 P1 A0 Umur 31 tahun dengan Abortus Incompletus di Bangsal Mawar I di RSUD Dr. Moewardi Surakarta Tahun 2012

064/KTI/AKB/12
Gray literature from 01 / 2013-04-16 10:40:32
Oleh : Anik Indri Hikmawati B09064, STIKes Kusuma Husada Surakarta
Dibuat : 2013-01-12, dengan 1 file

Keyword : Asuhan Kebidanan, Ibu Hamil, Abortus Incompletus
Subjek : Abortus Incompletus

ABSTRAk


Latar Belakang : Penyebab kematian maternal merupakan suatu hal yang cukup kompleks, yang dapat digolongkan pada faktor-faktor reproduksi, komplikasi obstetrik, pelayanan kesehatan dan sosio ekonomi. Wanita dalam siklus hidupnya mengalami tahap-tahap kehidupan, diantaranya dapat hamil dan melahirkan. Beberapa kehamilan berakhir dengan kelahiran tetapi beberapa di antaranya berakhir dengan abortus. Abortus adalah ancaman atau pengeluaran hasil konsepsi sebelum janin dapat hidup diluar kandungan dan sebagai batasan digunakan kehamilan kurang dari 20 minggu atau berat janin kurang dari 500 gram. Berdasarkan data yang diperoleh dari RSUD Dr. Moewardi dari bulan Januari 2011- Desember 2011 terdapat 958 kejadian abortus. Angka kejadian abortus incompletus 329 jiwa (34,3%), abortus imminens 295 kejadian (30,8%), abortus completus 159 kejadian (16,6%) dan abortus insipien 175 kejadian (18,3%).


Tujuan : Mampu melaksanakan asuhan kebidanan pada ibu hamil dengan Abortus Incompletus dengan menggunakan pendekatan kebidanan 7 langkah Varney. Mampu mengidentifikasi kesenjangan antara teori dan praktek, Mampu memberikan alternatif pemecahan masalah terhadap kesenjangan antara teori dan praktek pada ibu hamil Ny. S dengan Abortus incompletus.


Metode : Jenis studi kasus menggunakan metode deskriptif, lokasi studi kasus dilakukan di RSUD Dr. Moewardi Surakarta, subyek pada kasus ini adalah Ibu hamil Ny. S dengan Abortus Incompletus, waktu pelaksanaan studi kasus dilakukan pada tanggal 9 – 11 Agustus 2012, tehnik pengumpulan data menggunakan data primer yang meliputi pemeriksaan fisik, wawancara dan observasi serta data sekunder yang meliputi studi kepustakaan dan studi dokumentasi.


Hasil : Setelah dilakukan perawatan 3 hari dan tindakan curettage dilakukan oleh dokter obsgyn. Keadaan umum ibu baik, kesadaran composmentis, ibu sudah tidak merasakan cemas lagi, kontraksi uterus baik, tidak ada tanda-tanda infeksi, pengeluaran flek-flek darah, tidak terjadi syok hipovolemik, tidak terjadi anemi dan tidak terjadi cidera intra abdomen.


Kesimpulan : Pada langkah ini penulis tidak menemukan adanya kesenjangan antara teori dan kasus yang ada dilahan praktek.

Copyrights : Copyright � 2001 by STIKes Kusuma Husada Surakarta. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID Publisher01
OrganisasiSTIKes Kusuma Husada Surakarta
Nama KontakSoqib Abu Hasan, A. Md
AlamatJl. Jaya Wijaya No.11
KotaSurakarta
DaerahKadipiro
NegaraIndonesia
Telepon+62-0271-857724
Fax+62-0271-857724
E-mail Administratorsoqib_ah@rocketmail.com
E-mail CKOstikkusuma@yahoo.com

Print ...

Kontributor...

  • Pembimbing : Mei Lina Fitri K., S.ST
    , Editor: Stikes Kusuma Husada Surakarta

Download...