Print ...

Kontributor...

  • Pembimbing : Leni Kurniawati, SST, M.Kes
    , Editor: Stikes Kusuma Husada Surakarta

Download...

Path: Top > KTI Kebidanan > 2013 B

Tingkat kecemasan primigravida pada trimester III dalam menghadapi persalinan di BPM Sang Timur Klaten

058/KTI/AKB/13
Gray literature from 01 / 2013-12-24 11:45:50
Oleh : Anastasia Inggrid Nur W B10063, STIKes Kusuma Husada Surakarta
Dibuat : 2013-12-24, dengan 1 file

Keyword : Tingkat kecemasan, kehamilan, persalinan
Subjek : persalinan

Abstrak

Latar Belakang : Proses persalinan selain dipengaruhi oleh faktor jalan lahir (passage), faktor janin (passanger) dan faktor kekuatan (power), faktor psikis juga sangat menentukan keberhasilan persalinan. Kecemasan adalah perasaan yang tidak jelas tentang keprihatinan dan khawatir karena ancaman pada sistem nilai atau pola keamanan seseorang. Kecemasan dalam masa kehamilan adalah sangat merugikan bagi ibu hamil. Studi pendahuluan yang peneliti lakukan terdapat 5 orang primigravida yang diwawancarai oleh penulis didapatkan 4 orang mengalami ketakutan dalam menghadapi persalinan, sedangkan 1 ibu tidak mengalami ketakutan dalam menghadapi persalinan.

Tujuan : Untuk mengetahui tingkat kecemasan primigravida pada trimester III dalam menghadapi persalinan di BPM Sang Timur Klaten Tahun 2013. Dalam katagori tidak ada kecemasan, kecemasan ringan, kecemasan sedang, kecemasan berat dan kecemasan berat sekali.

Metode Penelitian : Desain penelitian ini menggunakan rancangan deskriptif kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di BPM Sang Timur Klaten pada tangal 18 Februari 2013. Populasi dalam penelitian sebanyak 30 responden dan Sampel dalam penelitian ini adalah 30 responden menggunakan teknik accidental sampling . Instrumen penelitian ini adalah angket yang terdiri dari 14 pernyataan dengan skala ordinal dan penelitian ini hanya menggunakan variabel tunggal yaitu Kecemasan Primigravida Trimester III Menghadapi Persalinan. Analisa menggunakan analisa univariat.

Hasil Penelitian : Hasil penelitian menunjukkan tingkat kecemasan primigravida trimester III dalam menghadapi persalinan dapat dikategorikan tidak ada kecemasan sebanyak 2 responden (6,7%), kecemasan ringan sebanyak 9 responden (30%), kecemasan sedang sebanyak 12 responden (40%), kecemasan berat 7 responden (23,3%), dan kecemasan berat sekali sebanyak 0 responden (0%).

Kesimpulan : Tingkat kecemasan primigravida trimester III dalam menghadapi persalinan dapat dikategorikan kecemasan sedang yaitu sebanyak 12 responden (40%).

Copyrights : Copyright (c) 2001 by STIKes Kusuma Husada Surakarta. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID Publisher01
OrganisasiSTIKes Kusuma Husada Surakarta
Nama KontakSoqib Abu Hasan, A. Md
AlamatJl. Jaya Wijaya No.11
KotaSurakarta
DaerahKadipiro
NegaraIndonesia
Telepon+62-0271-857724
Fax+62-0271-857724
E-mail Administratorsoqib_ah@rocketmail.com
E-mail CKOstikkusuma@yahoo.com